VGA

VGA, singkatan dari Video Graphics Adapter, adalah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.
Istilah VGA juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar berukuran 640×480, apa pun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Untuk proses desain grafis atau bermain permainan video, diperlukan kartu grafis yang berdaya tinggi. Produsen kartu grafis yang terkenal antara lain ATI dan nVidia.
Selain itu, VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan secara luas untuk mengantarkan sinyal video analog ke monitor. Standar VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi nyatanya VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Jadi VGA Card adalah salah satu kartu yang terpasang pada slot ekspensi. kartu ini berfungsi untuk menampilkan data data ke layar (monitor). pada perkembangan teknologi komputer, pekerjaan grapis sepenuhnya di bebankan pada prosesor.  

VGA EXTERNAL
VGA External adalah kartu atau seperangkat VGA yang belum terpasang pada motherboard, VGA ini bisa dibongkar pasang pada papan induk(motherboard) dan harganya lebih tinggi dibandingkan dengan VGA Onboard. ada beberapa tipe VGA External sebagai berikut:
  • VGA AGP 
VGA AGP merupakan salah satu tipe VGA yang memiliki slot khusus pada motherboard. biasanya slot AGP berwarna coklat, sehingga VGA card yang kita miliki harus pasang pada slot itu. tipe AGP juga harus disesuaikan dengan tipe VGA card yang digunakan (2x, 4x, atau 8x). pemasangan VGA card pada slot-nya harus dilakukan dengan benar, karena kesalahan dalam hal ini dapat mengakibatkan terbakarnya motherboard.  

  • VGA PCI Express
PCI Express atau dikenal juga sebagai PCIe adalah perangkat yang di luncurkan Intel. PCI Express didesain untuk menggantikan peran bus PCI local, bus PCI-X high end dan interface VGA card AGP. Tidak seperi interface PC yang lain, PCIe tersusun dalam point to point.
Keunggulan dari VGA PCIe itu sendiri adalah

 * Memiliki kecepatan transmisi data yang lebih baik.
* Memiliki tingkat tampilan grafis yang lebih baik.
* Memiliki kapasitas memori yang lebih besar.



VGA ONBOARD
VGA card onboard adalah sebuah perangkat VGA yang telah terpasang langsung pada motherboard. VGA jenis ini banyak ditemui pada motherboard kelas menengah. Dengan adanya VGA pada motherboard, anggaran yang dibutuhkan untuk merakit sebuah komputer dapat berkurang.
Kapasitas memori VGA onboard ditentukan oleh kapasitas memori motherboard, karena memori VGA tipe ini menggunakan memori motherboard.
VGA onboard memiliki kelemahan dalam hal tampilan grafis, karena VGA ini hanya digunakan untuk melakukan kerja secara normal. Jika Anda menggunakan komputer untuk keperluan grafis atau bemain game, VGA onboard bukanlah pilihan yang tepat.

0 komentar:

Posting Komentar