SLI VS CROSSFIRE

SLI 
          Scalable Link Interface (SLI) adalah nama merek untuk solusi multi-GPU yang dikembangkan oleh NVIDIA untuk menghubungkan dua atau lebih kartu video yang sama untuk menghasilkan output tunggal. SLI adalah sebuah aplikasi pengolahan paralel untuk komputer grafis, dimaksudkan untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan yang tersedia untuk grafis.
           Nama SLI pertama kali digunakan oleh 3dfx dengan nama Scan-Line Interleave penuh, yang diperkenalkan ke pasar konsumen pada tahun 1998 dan digunakan dalam garis Voodoo2 kartu video. Setelah membeli keluar 3dfx, NVIDIA mengakui sisi teknologi tapi tidak menggunakannya. NVIDIA kemudian memperkenalkan kembali nama SLI pada tahun 2004 dan dimaksudkan untuk untuk digunakan dalam sistem komputer modern berdasarkan bus PCI Express (PCIe). Namun, teknologi di belakang nama SLI telah berubah secara dramatis.

Kurang tingginya kinerja GeForce 6800 dibanding seri terdekatnya seri X800 membuat Nvidia terus melakukan terobosan – terobosan untuk memperoleh kembali mahkota VGA tercepat. Menggeber GeForce 6800 ultra Extreme ke clock yang lebih tinggi lagi jelas bukan solusi yang baik, mengingat daya yang disedot GeForce 6 sendiri relatif besar dan otomatis akan mengeluarkan panas yang lebih
Setelah membuka – buka arsip lama, mungkin Nvidia menemukan arsip mengenai dual-VGA warisan 3DFX. Yang telah diakusisi Nvidia. Dengan pengalaman riset Nvidia yang tak perlu diargukan, Nvidia menghidupkan teknologi tersebut dengan sedikit modifikasi sesuai dengan perkembangan jaman. Hasilnya, 2 GeForce 6800 berhasil mencetak lebih dari 10.000 poin pada 3D mark 2005.

Nvidia SLI ini menggunakan sebuah card kecil untuk menghubungkan 2 VGA. Selain itu, menggunakan motherboard berchipset Nforce 4 SLI juga merupakan syarat utama untuk menggunakan Nvidia SLI.

Selain menggunakan 2 card, banyak juga produsen yang sudah menggunakan 2 chip VGA dalam 1 VGA card. Alhasil, kinerja (dan harga!) satu buah VGA akan meningkat tajam, plus ukurannya yang juga menjadi sangat besar.

Nvidia SLI(Scalable Link Interface)




CROSSFIRE
 
Crossfire ini adalah yang terakhir keluar, mungkin dibuat ATI untuk menjawab teknologi SLI Nvidia. Pada crossfire, ATI mewajibkan pengguna sebuah VGA yang dibumbui istilah crossfire. VGA crossfire card ini yang nantinya akan membagi tugas rendering pada kedua VGA tersebut.

Cross fire juga mengisyaratkan pengguna chipset radeon xpress 200 untuk motherboard. Chipset  ATI ini sudah mensupport crossfire seperti Nforce 4 SLI yang mensupport Nvidia, ATI menggunakan Kabel konektor DVI, bukan card hub seperti pada SLI Nvidia.

Kelebihan utama crossfire ini adalah ia bisa bekerja pada card yang berbeda chip (namun harus sama – sama ATI) misalnya kombinasi X800XL dan X850XT crossfire. Selain itu mode renderingnya juga lebih bervariasi dari pada Nvidia SLI.
ATI Crossfire

0 komentar:

Posting Komentar