GUI VS CUI

Perbedaan GUI dan CUI
Dari sisi cara penampilannya, sebuah program dapat di bedakan menjadi dua, yaitu Graphical User Interface (GUI) dan Command User Interface (CUI)

  • GUI
Program GUI  merupakan program yang berjalan di atas Graphical User Interface atau dengan kata lain merupakan  program yang di buat dengan bahasa pemrograman.

Untuk membuat program GUI, anda dapat menggunakan  bahasa pemrograman visual seperti Visual Studio.Net dan Delphi di Windows atau KDevelop plus QT Designer di Linux.

Bahasa pemrograman Web seperti HTML juga termasuk kelas pemrograman GUI karena pada umumnya di buka menggunakan browser berbasis GUI, walaupun bisa di buat memakai browser teks semacam Lynx.

  • CUI
Sementara itu, program CUI adalah program yang berjalan dengan mode tampilan konsol. CUI program yang akan anda buat kebanyakan disusun oleh tampilan teks (walaupun anda dapat membuat efek sehingga terlihat tampilan seperti visual).

Untuk membuat program CUI, anda dapat menggunakan bahasa pemrograman berbasis konsol seperti Pascal, C , Perl, Phyton, dan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar